Nababan, Lizon Muctar (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. Lizon Muctar Nababan NIM 5103311019 Lembar Pernyataan, Pengesahan dan Persetujuan.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
3. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
8. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
9. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 BAB I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
13. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 BAB V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. Lizon Muctar Nababan, NIM 5103311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara siswa
yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional pada kelas X Program
Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta Tahun Ajaran
2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap, pada dua kelas yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang
siswa.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian semu atau quasy
eksperimental. Perhitungan hasil uji coba instrumen, dari 32 soal diperoleh 28 soal
yang valid dan 4 soal yang tidak valid. Indeks kesukaran soal diperoleh 20 soal
dalam kategori sedang dan 8 soal dalam kategori mudah. Daya beda soal diperoleh
8 butir soal dalam kategori cukup, terdapat 17 butir soal dalam kategori baik, dan 3
butir soal dalam kategori sangat baik. Uji reliabilitas diperoleh rhitung 0,93 dengan
kategori sangat tinggi.
Dari hasil perhitungan hasil belajar siswa, diperoleh rata-rata skor siswa
pada kelas eksperimen (21,67) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor
hasil belajar pada kelas kontrol (18,37). Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh
thitung (4,54) > ttabel (2,03). Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar siswa
yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 004 |
Keywords: | Ilmu Bahan Bangunan, Hasil Belajar, Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 03:37 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22717 |