Parhusip, Bastian Rikardo (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STANDART KOMPETENSI MENGESET MESIN DAN PROGRAM MESIN CNC DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS XII TEKNIK PEMESINAN SMK N 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Mengeset Mesin Dan Program Mesin CNC dengan menggunakan Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas XII Teknik Pemesinan SMK N 1 Balige T.A 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Model Quantum Teaching sedangkan subjeknya adalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan model quantum Teaching meningkat dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 56,2 dan persentase ketuntasan klasikal hanya 10,34%. Pada siklus I dengan penerapan Model quantum teaching diperoleh rata-rata kelas menjadi 66,89 dan persentase ketuntasan klasikal menjadi 41,32% Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik itu dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus II dengan penerapan model quantum teaching diperoleh peningkatan rata-rata kelas menjadi 75 dan ketuntasan klasikal menjadi 82,75%. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa Penerapan Model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mengeset mesin dan program mesin CNC pada siswa kelas XII TP1 SMK N 1 Balige.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 005 |
Keywords: | Model quantum teaching; Hasil belajar; Standart kompetensi; Program mesin CNC |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241 Machine construction (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 03:19 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22715 |