Irawan, Hari (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103111018 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 5103111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. NIM. 5103111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 5103111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 5103111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 5103111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 5103111018 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 5103111018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM.5103111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
13. NIM 5103111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 5103111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan khususnya AutoCAD dengan standart kompetensi menerapkan dasar-dasar gambar konstruksi bangunan pada kompetensi dasar menggambar kolom dan balok melalui penerapan model pembelajaran Explicit Instruction di kelas XI SMK Negeri 1 Stabat.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK ). Prosedur penelitian dikemas dalam bentuk siklus 1 pembelajaran menggambar Kolom dan pada siklus II pembelajaran menggambar Balok. Subjek penelitia ini peserta didik kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat yang berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi , sedangkan teknik analisis data hasil belajar peserta didik diperoleh dengan menganalisa tingkat ketuntasan peserta didik.
Adapun hasil dari penelitian ini, dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction diperoleh peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu dari 24 peserta didik (88,8%) yang lulus pada siklus I menjadi 27 peserta didik (100% ) yang lulus pada siklus II. Sedangkan berdasarkan pengamatan aktivitas peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dapat menuntun peserta didik lebih aktif dalam belajar dan menambah tanggung jawab dan kemandirian dalam diri peserta didik.
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dikelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan dengan standart kompetensi dasar-dasar gambar konstruksi bangunan dan kompetensi dasar menggambar kolom dan balok pada SMK Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2014-2015 membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik yang siqnifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 014 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, AutoCAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 03:21 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22714 |