PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG PADA SISWA KELAS X TEKNIK KONTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2014/2015

Syahputra, Andika (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG PADA SISWA KELAS X TEKNIK KONTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002COVER.pdf]
Preview
Text
1. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 LEMBAR PENGE.pdf]
Preview
Text
2. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 LEMBAR PENGE.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of 3. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 4. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 KATA PENGANT.pdf]
Preview
Text
4. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 KATA PENGANT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 7. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR GAMBA.pdf]
Preview
Text
7. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR GAMBA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 8. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR LAMPI.pdf]
Preview
Text
8. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR LAMPI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 9. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 13. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR PUST.pdf]
Preview
Text
14. NAMA _ ANDIKA SYAHPUTRA NIM _ 0812 5531 0002 DAFTAR PUST.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung pada siswa kelas X di SMK N 2 Binjai dengan menerapakan pembelajaran Berbasis Masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK N 2 Binjai Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 31 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata Keaktifan dan hasil belajar siswa pada saat penelititian ini dilaksanakan. Hasil penelitian dengan menerapkan pembelajaran Berbasis Masalah pada siklus 1 keaktifan belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus 2 keaktifan belajar siswa meningkat. Dimana pada siklus 1 nilai rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 63% dengan kategori kurang aktif 4 orang (12,90%), Cukup aktif 14 orang (45,19%), Aktif 13 orang (41,94%), dan sangat aktif tidak ada (0%). Sedangkan pada siklus 2 keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 81% dengan kategori Cukup aktif 4 orang (12,90%), aktif 17 orang (54,84%), dan sangat aktif 10 orang (32,26%) dari nilai ideal 100. Rata-rata hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung siswa setelah penerapan pembelajaran Berbasis Masalah mengalami peningkatan, dimana dari siklus 1 nilai rata-rata hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung siswa adalah 66,61% dengan keterangan siswa tidak tuntas sebanyak 12 orang (38,71%%) dan siswa yang tuntas sebayak 19 orang (61,29%). Dari nilai ideal 100. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar Ilmu bangunan gedung siswa meningkat menjadi 76,10% dengan keterangan siswa tidak tuntas 4 orang (12,90%) dan siswa yang tuntas sebanyak 27 orang (87,10%%). Dari nilai ideal 100.Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan pembelajaran Berbasis Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 BAN 019
Keywords: Klasifikasi Keaktifan, Ilmu Bangunan Gedung, hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH6014 Environmental engineering of buildings. Sanitary engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:39
Last Modified: 19 Jan 2017 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22710

Actions (login required)

View Item
View Item