Sumargo, Dani (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BINJAI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONTRUKSI BATU DAN BETON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509111011 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 509111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 509111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 509111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM. 509111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 509111011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 509111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 509111011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 509111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM. 509111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 509111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Group
Investigation (GI) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI
program Keahlian Teknik Kontruksi Batu dan Beton. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014
dengan jumlah siswa 27 orang.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
beberapa tahapan yang pertama perencanaan, kedua tindakan, di dalam
pelaksanaan tindakan terdapat beberapa fase diantaranya pengelompokkan,
perencanaan, penyelidikan, pengorganisasian, persentase hasil final, dan evaluas.,
ketiga pengamatan, dan keempat refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes
hasil belajar.
Instrumen yang diujikan berupa tes. Tes sebelum diujikan terlebih dahulu
diuji cobakan untuk memperoleh tes yang memenuhi syarat.. Dari hasil ujicoba
instrument di SMK Negeri 2 Binjai yang dilakukan pada siklus I diperoleh 15 soal
yang valid dari 18 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 7 soal mudah, 9 soal
sedang dan 2 soal sukar, daya beda soal diperoleh 1 soal sangat baik, 2 soal baik ,
8 soal cukup dan 9 soal jelek, uji reliabilitas diperoleh 0,86 (sangat tinggi) dan
pada siklus II 15 soal yang valid dari 17 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 4
soal mudah dan 9 soal sedang, daya beda soal diperoleh 5 soal sangat baik, 4 soal
baik dan 9 soal jelek , uji reliabilitas diperoleh 0.565 (cukup).
Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan
berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini,
ditemukan siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 63,57 meningkat
menjadi 86,42 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan
model GI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BAN 022 |
Keywords: | RAB, GI, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 08:35 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22705 |