Syah, Ade Kurniawan (2015) HUBUNGAN ANTARA MEMBACA GAMBAR TEKNIK MESIN DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MESIN BUBUT SISWA TINGKAT II KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK INDONESIA MEMBANGUN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 508121012 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. 508121012 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
3. 508121012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. 508121012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. 508121012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
6. 508121012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 508121012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 508121012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. 508121012 BAB I.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
13. 508121012 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. 508121012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara: (1) Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut; (2) Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut; dan (3) Kemampuan Menggunakan Mesin Bubut dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tingkat II SMK Indonesia Membangun 1 Yapim Medan dengan jumlah 36 orang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah dari populasi yaitu 36 orang. Data penelitian diambil dengan menggunakan Tes pilihan berganda untuk variabel Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin (X¬1), dengan menggunakan angket model skala likert untuk variabel Disiplin Belajar (X2) dan untuk Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut diambil dari data Daftar Kumpulan Nilai (DKN) raport siswa. Berdasarkan hasil penelitian uji kecenderungan Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin berada pada kategori tinggi, Disiplin Belajar berada pada kategori rendah dan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut termasuk dalam kategori cukup. Hasil Pengujian hipotesis diperoleh bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut diperoleh nilai ry₁.₂= 0,784. (2) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut dengan nilai ry₂.₁ = 0,460. (3) terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut, hasil nilai fh = 19,428 > ft = 4,16, thitung = 9,45 > ttabel = 2,0336. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan ada hubungan yang positif dan berarti antara Kemampuan Membaca Gambar Teknik Mesin dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Menggunakan Mesin Bubut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 012 |
Keywords: | Disiplin belajar; Gambar teknik; Mesin bubut |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 08:11 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22699 |