Elsa, Lola (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN GAMBAR TEKNIK DAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN PRAKTIK MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121111005 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 5121111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
3. NIM. 5121111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 5121111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 5121111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 5121111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM. 5121111005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
8. NIM. 5121111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
12. NIM. 5121111005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
13. NIM. 5121111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan keberartian Hubungan
Antara Pengetahuan Gambar Teknik dan Kreativitas Belajar Dengan Praktik Menggambar
Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X Teknik Konstruksi Kayu
berjumlah 32 orang. Metode Deskriptif menggunakan pendekatanChi-quadrat, p=0,5, dengan
batas eror diasumsikan 5% (0,05). Jenis penelitian ini adalah Korelasi.
Data penelitian diambil dari tes berbentuk pilihan berganda dan angket model skala
Likert. Berdasarkan hasil uji coba instrument yang dilakukan pada tes Pengetahuan Gambar
Teknik diperoleh 30 butir soal yang diujikan 22 butir soal yang valid dan 8 buah butir soal
yang tidak valid, hasil uji taraf kesukaran diketahui bahwa dari 22 butir yang valid terdapat 3
butri kategori soal mudah, dan 19 butir kategori soal sedang, hasil uji coba daya pembeda
diketahui bahwa dari 22 butir yang valid terdapat 1 butir kategori soal baik sekali, 3 butir
kategori soal baik, 9 butir kategori soal cukup dan 9 dalam kategori jelek dan hasil uji coba
reliabilitas sebesar 0.899 yang dikonsultasikan dengan ketentuan termasuk dalam kategori
tinggi. Sedangkan hasil uji coba instrumen angket Kreativitas Belajar, dari 30 butir angket
yang diuji cobakan terdapat 24 butir yang valid dan 6 butir yang tidak valid dan hasil uji coba
reliabilitas angket sebesar 0.898 yang dikonsultasikan dengan ketentuan diatas termasuk
dalam kategori sangat tinggi.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) terdapat hubungan yang
positif dan berarti antara Pengetahuan Menggambar Teknik dengan Praktik Menggambar
Teknik dengan besar rx1y > rx1y tabel (4.081 > 1697) dan thitung > ttabel (4.431 > 1.697); 2)
terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kreativitas belajar dengan praktik
menggambar teknik dengan besar rx2y hitung > rx2ytabel (7,453 > 1697) dan thitung > ttabel (3.152 >
1.697); dan 3) terdapat hubungan yang berarti antara pengetahuan menggambar teknik dan
kreativitas belajar dengan peraktik menggambar teknik dengan besar Ry(1,2)hitung > Ry(1,2)tabel
(24.191 > 1,697) dan Fhitung > Ftabel (20,497 > 3.33) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,005.
Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa ”terdapat hubungan yang positif dan berarti
antara Pengetahuan Menggambar Teknik dan Kreativitas Belaja dengan Praktik Menggambar
Teknik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk
Pakam Tahun Ajaran 2016/2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 072 |
Keywords: | Pengetahuan Menggambar Teknik, Kreativitas Belajar, Praktik Menggambar Teknik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:41 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22692 |