Syahputra, Chandra (2016) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5122111009 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM.5122111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
3. NIM.5122111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM.5122111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM.5122111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM.5122111009 TABLE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM.5122111009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
8. NIM.5122111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. NIM.5122111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
13. NIM.5122111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM.5122111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang
positif dan berarti antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik
Dasar, 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Konsep Diri terhadap
Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar, 3) Adanya Hubungan yang positif dan berarti
antara Minat Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik
Dasar pada siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK
Negeri 5 Medan pada Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan jumlah sampel penelitian
sebanyak 28 orang.
Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu
diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan
daya pembeda soal. 1) Hasil uji coba soal angket minat belajar diperoleh 25 butir
angket valid dari 30 butir total angket yang diujicobakan dengan koefisien
reliabilitas = 1,0 termasuk kategori sangat tinggi, 2) Hasil uji coba soal angket
Konsep Diri diperoleh 28 butir angket valid dari 30 butir total angket yang diuji
cobakan, koefisien reliabilitas = 1,0 termasuk kategori sangat tinggi, 3) Hasil uji
coba tes Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar diperoleh 24 butir tes valid dari 30
butir total tes yang diujicobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,870 termasuk
kategori sangat tinggi, indeks kesukaran terdapat 8 butir kategori soal mudah, 16
butir soal sedang dan 6 soal kategori sukar. Daya beda soal terdapat 8 butir soal
dalam kategori baik, 12 butir soal dalam kategori cukup dan 10 butir dalam
kategori jelek.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Hubungan
yang positif dan berarti antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Gambar
Teknik Dasar dengan besar korelasi rx1y = 0,486 > rtabel = 0,374 dan thitung = 2,836
> ttabel = 1,706 dan dari korelasi parsial diperoleh rx1y.x2 = 0,406 > rtabel = 0,374
dan thitung = 2,221 > ttabel = 1,703. 2) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti
antara Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gmbar Teknik Dasar dengan besar
korelasi rx2y = 0,603> rtabel = 0,374 dan thitung = 3,854 > ttabel = 1,706 dan dari
korelasi parsial diperoleh rx2y.x1 = 0,509 > rtabel = 0,374 dan thitung = 2,957 > ttabel
= 1,703. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dan
Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar dengan besar korelasi
ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,502 > rtabel = 0,374 dan uji keberartian korelasi
dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 4,218 > Ftabel = 3,380. Dengan
demikian Minat Belajar dan Konsep Diri mempunyai Hubungan yang positif dan
berarti terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 073 |
Keywords: | Minat Belajar, Konsep Diri, Hasil Gambar Teknik Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:27 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22691 |