Surbakti, Sutris Janta (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 511 333 1031 Cover.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
2. 511 333 1031 Aproval Sheet.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
3. 511 333 1031 Abstrac.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. 511 333 1031 Preface.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. 511 333 1031 Tabel Of Content.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 511 333 1031 Tabel.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. 511 333 1031 lLLustration.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. 511 333 1031 Appendices.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. 511 333 1031 Chapter I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
13. 511 333 1031 Chapter V.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
14. 511 333 1031 Bibliography.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik menggunakan model pembelajaran mind mapping dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas X Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Medan. Dasar dan pengukuran listrik merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib yang ada pada kejuruan teknik pemanfaatan listrik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Medan pada siswa kelas X teknik pemafaatan listrik. Pengambilan sampel dilakukan dengan acak sehingga diambil 2 kelas, yaitu kelas Xlp1 sebagai kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran mind mapping dengan jumlah siswa 31 orang dan kelas Xlp5sebagai kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori dengan jumlah siswa 29 orang. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 20 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa, nilai rata – rata siswa yang diajarkan dengan pembelajaran mind mapping lebih tinggi dari nilai rata – rata siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ekspositori. Hal tersebut dapat dilihat dari pengolahan data post test diperoleh harga thitung = 3,078 dengan Ttabel = 1,672. Karena harga thitung lebih besar dari harga ttabel (3,078> 1,672), sehingga Ho ditolak dan sekaligus menerima Ha yaitu Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Mind mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang hanya dibelajarkan dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 078 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Mind Mapping, Model Pembelajaran Ekspositori, Dasar Dan Pengukuran Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 03:45 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22689 |