Setiawan, Ifan (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 060874 MEDAN PERJUANGAN MEDAN TAHUN AJARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6122111008 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 6122111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM 6122111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM 6122111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM 6122111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM 6122111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM 6122111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
8. NIM 6122111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6122111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
13. NIM 6122111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 6122111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari
sprint melalui penerapan variasi pembelajaran menggunakan media rintangan
pada siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan Medan Tahun Ajaran
2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060874 Medan Perjuangan
Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan
Perjuangan Medan, yang berjumlah 40 orang diantaranya terdiri dari 22 siswa
putra dan 18 siswa putri.
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
kemampuan siswa dalam melakukan lari sprint masih rendah yaitu 17 siswa
(42,05%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (57,05%)
belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran Lari
Sprint melalui variasi pembelajaran menggunakan media rintangan. Hal ini
berdampak pada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 28
siswa (70%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 siswa
(30%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 81,64. Pada
siklus II hasil belajar Lari Sprint yaitu 35 siswa (87,05%) yang mencapai tingkat
ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (12,05%) belum mencapai tingkat
ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 85,6 dan
persentase kenaikan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 17,05 %. Sedangkan
untuk ketuntasan klasikal adalah 85% dan KKM 70. Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh kesimpulan bahwa melalui variasi pembelajaran menggunakan
media rintangan dapat meningkatkan hasil belajar Lari Sprint pada siswa kelas V
SD Negeri 060874 Medan Tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 044 |
Keywords: | pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Lari Sprint |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 08:24 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22681 |