Fadli, Muhammad Fajrul (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 TAKENGON T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6121111025 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. NIM 6121111025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM 6121111025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
4. NIM 6121111025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM 6121111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 6121111025 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7. NIM 6121111025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM 6121111025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM 6121111025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM 6121111025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
14. NIM 6121111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lempar cakram melalui pendekatan bermain dengan menggunakan media yang
dimodifikasi pada siswa kelas X-1 SMA N 5 Takengon. Metode penelitian ini
berupa penelitian tindakan kelas ( PTK ) dan Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas X-1 yang terdiri dari 27 siswa, objek dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode pendekatan bermain dengan menggunakan media yang
dimodifikasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar lempar cakram pada siswa
kelas X-1 SMA N 5 Takengon Tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian teknik dasar lempar
cakram.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I
yang berbentuk teknik dasar lempar cakram, setelah tes siklus I dilaksanakan
maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 27 siswa terdapat 18 siswa
yang telah tuntas yaitu sebesar 66,67 % dengan niai rata-rata 70,59, dan 9 siswa
yang tidak tuntas sebesar 33,33%. Ini berarti ketuntasan klasikal (>85%) belum
tercapai. Untuk itu peneliti masih melakukan beberapa perbaikan dalam
pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan melakukan tes
siklus II yang sama perlakuannya pada siklus I. setelah tes siklus II dilaksanakan
maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 27 siswa terdapat 24 siswa
yang telah tuntas yaitu sebesar 88,89 % dengan nilai rata-rata 78,58 dan 3 siswa
yang tidak tuntas sebesar 11,11 % Ini berarti ketuntasan secara klasikal (>85%)
telah tercapai.
Berdasarkan hasil Penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui
pendekatan bermain dengan menggunakan media dapat meningkatkan hasil
belajar lempar cakram pada siswa kelas X SMA N 5 Takengon Tahun Ajaran
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 048 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, hasil Belajar, Lempar Cakram |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 08:18 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22680 |