Ritonga, Abdul Roni (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM RITMIK DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI SMA AL-MAKSUM TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123311002 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 6123311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
3. NIM. 6123311002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 6123311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 6123311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 6123311002 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 6123311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 6123311002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
9. NIM. 6123311002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM. 6123311002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 6123311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar senam ritmik
menggunakan metode pembelajaran demonstrasi pada siswa kelas XI SMA ALMaksum
tahun ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK
(Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah
siswa kelas XI dengan jumlah siswa 27 siswa. Instrumen penelitian alat
pengumpul data yang digunakan dalam tes ini adalah penilaian hasil belajar gerak
dasar senam ritmik, lembar penilaian belajar siswa. Teknik analisis data yang
digunakan dengan rata-rata dan persentase.
Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siklus I diperoleh
15 siswa (55,56%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 12 siswa
(44,44%) belum mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh
hanya mencapai 65,55%. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara
klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data
sebanyak 23 siswa (85,18%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4
siswa (14,82%) belum memenuhi ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang
diperoleh meningkat mencapai 82,18%.
Dari penelitian diatas menunjukkan adanya peningkatan pada
pembelajaran melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada
pembelajaran Senam Ritmik dari 65,55% pada siklus I dan meningkat pada
siklus II yaitu 82,18%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJKR 045 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Senam Remik |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 07:59 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22678 |