Marbun, Lambok (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENERAPKAN ANALOG SISWA KOMPUTER Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian dari Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MEDAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN DIGITAL DASAR PADA KELAS X JURUSAN TEKNIK DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 DOLOK MASIHUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
LAMBOK MARBUN NIM. 5103331019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Keberhasilan peningkatan mutu sumber daya manusia dalam pendidikan,
terkait dengan berbagai aspek, salah satunya menyangkut kemampuan guru dalam
mendesain suatu proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu saja
tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran yang merupakan alat untuk
menyampaikan pesan. Maka yang menjadi perhatian bagi setiap guru adalah
bagaimana seorang guru mampu memilih dan menggunakan media serta
menyesuaikannya dengan materi, sifat dan karateristik ilmu pengetahuan serta
karaterisktik dari siswa. Permasalahan yang sering muncul berkenaan dengan
penggunaan media pembelajaran adalah ketersediaan dan pemanfaatan.
Ketersediaan media, masih sangat kurang sehingga para pengajar menggunakan
media secara minimal. Masalah yang kedua adalah pemanfaatan media. Guru
kurang mampu mengembangkan media yang ada sehingga siswa sulit memahami
materi yang diajarkan. Siswa dituntut belajar sesuai kecepatan guru, sehingga
berdampak pada rendahnya prestasi dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu,
dalam pemanfaatan media pembelajaran diperlukan kreativitas dan strategi dari
seorang pengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang
bangun multimedia pembelajaran interaktif sebagai media dan sumber belajar
mandiri pada mata pelajaran menerapkan teknik analog dan digital dasar pada
kompetensi mengenal komponen elektronika dan menguji kelayakan multimedia
interaktif sebagai media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode penelitian
dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan
produk tertentu, dan menguji kelayakan produk. Dalam pembuatan media
pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif ini menggunakan model
desain pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation,
Evaluation).
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Teknik
Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Dolok Masihul yang berjumlah 39 orang.
Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh dua orang ahli materi mendapat
skor kelayakan 4.50 dan termasuk dalam ketegori sangat baik. sedangkan
pengujian terhadap dua orang ahli media mendapat skor kelayakan 4.38, termasuk
dalam ketegori sangat baik. Dan pengujian terhadap siswa mendapat skor rata-rata
sebesar 4.43, termasuk dalam ketegori sangat baik. Secara kesuluruhan pengujian
produk terhadap ahli media, ahli materi dan siswa (user) mendapat skor rata-rata
terhadap CD interaktif media pembelajaran sebesar 4.44 termasuk dalam kategori
sangat baik dan layak untuk dijadikan media pembelajaran teknik analog dan
digital dasar.
Berdasarkan hasil penelitian, maka guru hendaknya dapat membuat media
pembelajaran yang belum ada maupun mengembangkan media yang sudah ada.
Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah CD Interaktif media
pembelajaran yang telah ini dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 014 |
Keywords: | Media Pembelajaran, ADDIE model, Teknik Analog da Digital Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:43 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22671 |