Darmawan, Ilham Akbar (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI(GROUP INVESTIGATION) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN SISWA KELAS XI TKPI SMK NEGERI 1 TALAWI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5101131009 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 5101131009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM. 5101131009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM. 5101131009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM. 5101131009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 5101131009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM. 5101131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM. 5101131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM. 5101131009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. NIM. 5101131009 BAB I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
13. NIM. 5101131009 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 5101131009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran sistem kelistrikan”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan aktivitas dan hasil belajar sistem kelistrikan dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) di SMK Negeri 1 Talawi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Talawi yang beralamatkan di jalan Perintis
Kemerdekaan No.73, Desa Indrayaman Kecamatan Talawi-Kabupaten Batubara tahun
pembelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKPI yang
berjumlah 31 orang. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahapan.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.
Tes yang digunakan adalah soal pilihan berganda yang telah di uji validasi. Observasi aktivitas
belajar siswa dilakukan secara langsung saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model
pembelajaran Kooperatif tipe GI.
Berdasarkan Hasil analis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya
rata-rata 45,16% menjadi 70,97% pada siklus II. Dari hasil analisi tersebut, peningkatan aktivitas
sebesar 25, 81%, sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa
yaitu dari 31 siswa hanya 20 (64,52%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai ratarata
77 menjadi 26 siswa (83,87%) pada siklus II dengan rata-rata 83,46, ini berarti meningkat
sebesar 19,35%. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasiskal ditetapkan 70% siswa
memperoleh nilai 75. Pada uji korelasi product momen r = 0,82. pada uji signifikansi untuk hasil
belajar thitung > ttabel yaitu 4,01 > 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh
ketuntasan belajar akuntansi siswa yang di tunjukkan dengan peningkatan yang signifikan.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe GI (Group
Investigation) dapat meningktkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi
sumber energy listrik pada kapal di kelas XI TKPI SMK Negeri 1 Talawi Tahun Pembelajaran
2014/2015. Hal ini berarti bahwa penerapan Model Pembelajran Kooperatif tif Tipe GI dapat
digunakan sebagai alternative pada pembelajaran sistem kelistrikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK_2015 ELK 012 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 04:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22667 |