Naibaho, Santo Moreno (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TV DI KELAS XI AV SMK NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
12. NIM. 509331015 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi memperbaiki sistem penerima TV yang diajarkan dengan metode pembelajaran ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi pokok memperbaiki sistem penerima TV pada siswa kelas XI AV SMK Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran dengan menggunakan mode pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar memperbaiki sistem penerima TV. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana siswa diberikan postest pada setiap akhir siklus untuk mengukur hasil belajar siswa ranah kognitif. Penelitian ini juga mengamati perkembangan aktipitas, afektipitas, dan pisikomotorik siswa dengan menggunakan lembar pengamatan.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini berupa tes hasil belajar sebanyak 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar (68 ) dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 55% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar (78) dengan ketuntasan hasil belajar 85%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI AV untuk materi pokok mempernaiki sistem penerima TV meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 007 |
Keywords: | Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar memperbaiki sistem penerima TV. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 02:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22659 |