Nasution, Edin Efendi (2015) PENGARUH MEDIA PACKET TRACER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERANCANGAN WIDE AREA NETWORK (WAN) PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) DI SMK SWASTA PERSATUAN AMAL BAKTI 5 KLAMBIR LIMA DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
6. NIM. 509331015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1. NIM. 509331015 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 509331015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
3. NIM. 509331015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4. NIM. 509331015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 509331015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM. 509331015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 509331015 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
12. NIM. 509331015 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 509331015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 509331015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (838kB) | Preview
16. NIM. 509331015 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat belajar pada mata
pelajaran Perancangan Wide Area Network (WAN) siswa kelas XI yang diajar
dengan menggunakan media Packet Tracer lebih baik dari pada kelompok siswa
yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Power Point.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI bidang keahlian
Teknik Komputer Jaringan di SMK Swasta Persatuan Amal Bakti 5 Klambir Lima
Tahun Pembelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian
diambil dengan teknik Totally Sampling dan untuk kelompok perlakuan dipilih
dengan cara memberikan pretes yaitu kelompok perlakuan dengan media Packet
Tracer sebanyak 25 orang dan kelompok perlakuan dengan media pembelajaran
Power Point sebanyak 25 orang. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan
angket belajar Perancangan Wide Area Network (WAN), dianalisis dengan uji t
independen pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata angket minat belajar
Perancangan Wide Area Network (WAN) siswa yang diajar dengan media Packet
Tracer adalah 96,00 atau meningkat 30% dari minat awal siswa dan rata-rata
angket minat belajar Perancangan Wide Area Network (WAN) siswa yang diajar
dengan media pembelajaran Power Point adalah 91,00 atau meningkat 24% dari
minat awal. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data
angket minat belajar Perancangan Wide Area Network (WAN) yang diajarkan
dengan media Packet Tracer adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0.0799 <
LTabel 0,173 dan data angket minat belajar Perancangan Wide Area Network
(WAN) yang diajarkan dengan media pembelajaran Power Point adalah
berdistribusi normal dimana LHitung 0.0946 < LTabel 0.173 dan kedua varians data
adalah Homogen karena 1,29 1,95. hitung tabel F F pada taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perancangan Wide Area Network
(WAN) kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media Packet Tracer
lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media
pembelajaran Power Point pada siswa kelas XI Bidang Keahlian Teknik
Komputer Jaringan di SMK Swasta Persatuan Amal Bakti 5 Klambir Lima Tahun
Pembelajaran 2014/2015 dengan nilai tHitung > tTabel yaitu 8,50 > 2,064.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 006 |
Keywords: | Packet Tracer, Power Point, minat belajar, Perancangan, WAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 02:27 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22658 |