Nababan, Iskandar (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT KEJURUAN DENGAN HASIL BELAJAR MENGINTERPRESTASIKAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA TINGKAT I PROGRAM KEAHLIAN MEKANIK OTOMOTIF SMK SWASTA RAKSANA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan kemandirian belajar dan minat kejuruan dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 64 orang siswa Tingkat I Program Keahlian Mekanik Otomotif. Jumlah sampel ditentukan dengan berdasarkan tabel Krejcie dan Morgan, yaitu sebanyak 56 orang. Data variabel hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik diambil dari dengan menggunakan tes pilihan berganda sedangkan kemandirian belajar dan minat kejuruan dijaring dengan menggunakan angket. Hasil uji coba angket kemandirian belajar dan minat kejuruan memiliki reliabilitas yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kemandirian belajar dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik ry1,2 sebesar 0,457, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,266. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel minat kejuruan dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik ry2,1 sebesar 0,351, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,266. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier dan berarti antara kemandirian belajar dan minat kejuruan secara bersama-sama dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik dengan koefisien korelasi r sebesar 0,521 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi r2 sebesar 0,272 yang berarti bahwa hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik dapat dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan minat kejuruan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 042 |
Keywords: | Kemandirian belajar; Minat kejuruan; Hasil belajar; Gambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 08:22 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22657 |