Hutahaean, Binnaro (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN SISWA YANG DIAJAR MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA KOMPETENSI INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI KELAS XI TITL SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (841kB) | Preview
4.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
5.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan Hasil Belajar
Instalasi Penerangan Listrik Banguna Sederhana antara siswa yang diajarkan dengan
model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan dengan model
pembelajaran ekspositori pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik instalasi
Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Pelajaran 2014/2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana
dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian
Teknik instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri Siatas Barita yang mengikuti kompetensi
Instalasi Penerangan Listrik Banguna Sederhana yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam
penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelas eksperimen
(kelas yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah adalah kelas XI TITL-2
yang berjumlah 30 siswa serta kelas XI TITL-1 menjadi kelas kontrol (kelas yang
menerapkan model pembelajaran ekspositori) yang berjumlah 28 siswa. Jadi total
subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 58 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar sub
kompetensi Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana antara model
pembelajaran berbasis masalah dengan model pembelajaran ekspositori, dimana hasil
belajar Instalasi Penerangan Listrik untuk kelas yang menerapkan model pembelajaran
berbasis masalah lebih tinggi dari hasil belajar Instalasi Penerangan Listrik Bangunan
Sederhana untuk kelas yang menerapkan pembelajaran ekspositori. Nilai rata-rata pada
kelompok eksperimen sebesar 15,93 dan rata-rata pada kelas kelompok ekspositori
sebesar 13,85. Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf
kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Instalasi Penerangan Listrik
Bangunan Sederhana dengan pembelajran berbasis masalah diperoleh Lhitung sebesar
0,134 dan Ltabel sebesar 0,161 karena Lhitung < Ltabel maka data instrumen pada kelas
eksperimen pada kategori normal, uji normalitas Instalasi Penerangan Listrik Bangunan
sederhana dengan model pembelajaran ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,151 dan
Ltabel = 0,167 karena Lhitung < Ltabel ,maka data instrumen pada kelas kontrol pada
kategori normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Instalasi Peneranan Listrik
Bangunan sederhana diperoleh Fhitung sebesar 1,139 dan Ftabel 1,875 karena Fhitung <
Ftabel maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data
varians hasil penelitian homogen.
Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5%
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran berbasis masalah
dengan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar Instalasi Penerangan Listrik
Bangunan Sederhana Listrik pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi
Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terlihat
dari nilai thitung = 16,386 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,003.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 002 |
Keywords: | Hasil Belajar, Problem Bassed Learning , Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 06:49 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22649 |