Pardosi, Frans Andika (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK – PAIR – SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA KELAS XI TITL DI SMK NEGERI 1 SIRANDORUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
3. NIM 5103331012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
1. NIM 5103331012 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM 5103331012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
2. NIM 5103331012 SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
6. NIM 5103331012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5. NIM 5103331012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM 5103331012 DAFTAR GAMBAR 1.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
8. NIM 5103331012 DAFTAR LAMPIRAN 1.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM 5103331012 BAB 5.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM 5103331012 BAB 1.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
14. NIM 5103331012 DAFTAR PUSTAKa.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sirondurung pada semester satu tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Ketenaga Listrikan yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI TITL 1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran think pair share dan kelas XI TITL 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung.
Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana yang diajar dengan model pembelajaran think pair share adalah berdistribusi normal dimana L0 = 0,14< Ltabel = 0,161 dan data hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana yang diajar dengan model pembelajaran langsung adalah distribusi normal dimana L0 = 0,15< Ltabel = 0,161 dan data hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana adalah data yang Homogen dan kedua varians data adalah Homogen (Fhitung = 1,149< Ftabel = 1,87).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana yang diajar dengan model pembelajaran think pair share lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, dimana (Thitung =6,49 >Ttabel = 1,67) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 001 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe Thik - Pair - Share, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 06:42 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22648 |