Abdullah, (2015) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI ELEKTRONIK WORKBENCH DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Division) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. ABDULLAH NIM 5102131001 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
3. ABDULLAH NIM 5102131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. ABDULLAH NIM 5102131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. ABDULLAH NIM 5102131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6. ABDULLAH NIM 5102131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. ABDULLAH NIM 5102131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. ABDULLAH NIM 5102131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. ABDULLAH NIM 5102131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13.ABDULLAH NIM 5102131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14.ABDULLAH NIM 5102131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dasardasar
elektronika digital dan penerapan aplikasi elektronika workbench antara
pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X bidang keahlian teknik audio
video(elcom) SMK melati perbaungan..
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X bidang keahlian teknik audio
video(elcom) SMK melati perbaungan tahun ajaran 2014/2015. Populasi
penelitian ini adalah peserta didik kelas X jurusan teknik audio video(elcom)
SMK melati perbaungan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 72 orang.
Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara total sampling, sehingga
sampel penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas dimana pembelajaran dasardasar
elektronika digital dengan penerapan aplikasi elektronika workbench dalam
model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas Elcom1 sedangkan
pembelajaran ekspositori pada kelas Elcom 2, yang tiap kelas terdiri dari 36
siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test
objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf
kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0,0991
dan Ltabel = 0,1476 maka diperoleh Lhitung(0,0991) < Ltabel(0,1476) pada kategori normal,
dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,0821 dan Ltabel = 0,1476 maka diperoleh
Lhitung(0,0821) < Ltabel(0,1476) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara
kelas eksperiment dan kelas kontrol digunakan uji barlett pada taraf kepercayaan
(α) 0,05 diperoleh X2
hitung = 0,736 dan X2
tabel = 3,84, maka X2
hitung(0,736) < X2
tabel (
3,84) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan
menggunakan uji-t pada taraf keprcayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis
penelitian diperoleh, thitung = 4,95 dan ttabel = 1,9967 sehingga thitung > ttabel dan
diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dasar-dasar
elektronika digital dengan aplikasi elektronika workbench antara siswa kelompok
eksperimen dan kelompok ekspositori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 027 |
Keywords: | Hasil Belajar, Electronics Workbench, Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22645 |