UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA PELITA BULU CINA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Agustian, Fritz (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA PELITA BULU CINA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5103321011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5103321011 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5103321011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5103321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5103321011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5103321011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5103321011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5103321011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5103321011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5103321011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5103321011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5103321011 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5103321011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5103321011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5103321011 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5103321011 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5103321011 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5103321011 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5103321011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5103321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PDTO pokok bahasan menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Pelita Bulu Cina T.P 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Pelita Bulu Cina tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 25 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 73,6 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 12 orang (48%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 69,6% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 84,8 dengan ketuntasan belajar sebanyak 20 orang (80%) yang telah tuntas dan 5 orang (20%) masih belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 80% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran PDTO pokok bahasan menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dari tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 73,6 kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil belajar 84,8.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 MSN 039
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Hasil belajar; Keselamatan; Kesehatan kerja dan lingkungan (K3L)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:15
Last Modified: 16 Jan 2017 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22641

Actions (login required)

View Item
View Item