Agustian, Fritz (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA PELITA BULU CINA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103321011 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 5103321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM. 5103321011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4. NIM. 5103321011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM. 5103321011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 5103321011 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 5103321011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 5103321011 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
12. NIM. 5103321011 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 5103321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PDTO pokok bahasan menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Pelita Bulu Cina T.P 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Pelita Bulu Cina tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 25 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 73,6 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 12 orang (48%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 69,6% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 84,8 dengan ketuntasan belajar sebanyak 20 orang (80%) yang telah tuntas dan 5 orang (20%) masih belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 80% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran PDTO pokok bahasan menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dari tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 73,6 kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil belajar 84,8.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 039 |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD; Hasil belajar; Keselamatan; Kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:15 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22641 |