Situmorang, Sahat Tua Ari Suhut (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA MULTI KARYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
2. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
3. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
3. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7. BAB I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
11. BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran picture and picture dengan menggunakan macromedia flash pada pelajaran Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Multi Karya Medan. Penelitian ini merupakan tindakan kelas (Classroom Action Research), Penelitian ini dilaksanakan di SMK Multi Karya Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes dan observasi. Tes berguna untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa selama proses pembelajaran Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin berlangsung. Tes yang digunakan adalah pre test, post tes siklus I, dan post tes siklus II. Untuk melihat nilai rata-tata keseluruhan siswa, nilai post tes ditambah dengan nilai hasil pengamatan. Pengamatan aktifitas siswa dilakukan secara langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa yaitu, 42,86% siswa yang tuntas saat pre tes, 62,86% siswa yang tuntas pada siklus I, dan 91,43% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari hasil belajar siswa siklus I ke hasil belajar siswa siklus II sebesar 28,57%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture menggunakan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Multi Karya Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 038 |
Keywords: | Hasil belajar; Picture and picture; Macromedia flash |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 04:10 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22639 |