Anwar, Khairul (2006) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS BERPIKIR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN IPA MAHASISWA PGSD FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIMED T.A 2005/2006. Masters thesis, UNIMED.
015020066- Abstrak.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
015020066- Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
015020066- Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
015020066- Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
015020066- Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
015020066- Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan WA mahasiswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Keterampilan Proses dan Ekspositori. (2) mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang memiliki kreativitas berpikir Tinggi dan Rendah bila diajar dengan pendekatan pembelajaran Keterampilan Proses dan Ekspositori, dan (3) mengetahui interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan kreativitas berpikir dalant mempengaruhi hasil belajar Pendidikan IPA. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ( I) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pengorganisasian pembelajaran keterampilari proses dan mahasiswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang memiliki daya kreativitas berpikir tinggi dan mahasiswa yang memiliki daya kreativitas berpikir rendah. Dalian hal ini, hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang memiliki daya kreativitas berpikir tinggi lebih baik jika diajar dengan pendekatan pembelajaran Keterampilan Proses dari pada menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran Ekspositori. (3) Terdapat interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan Kreativitas Berpikir dal-am mempenganthi hasil belajar Pendidikan IPA. Dalam hal ini hasil belajar Pendidikan IPA mahasiswa yang memiliki daya kreativitas berpikir rendah bila diajar dengan pendekatan pembelajaran Ekspositori lebih baik dart pada menggunakan pendekatan pembelajaran Keterampilan Proses. Penelitian int dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan sampel bedumlah 80 orang mahasiswa yang pengarnbilannya dilakukan dengan cluster random sampling.Instrumen penelitian hasil belajar Pendidikan IPA menggunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban (a,b,c,dan d) berjurnlah 30 butir dan memiliki reliabilitas 0,773 menggunakan uji KR-20. Untuk menjaring data kreativitas berpikir mahasiswa digunakan tes kreativitas berpikir figural dan verbal, di mana nilai reliabilitasnya sebesar 0,856 yang diuji dengan menggunakan rumus Alpha.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.152 Anw p |
Keywords: | Hasil Belajar; Kreativitas Berfikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2263 |