Sihombing, Irwan S.P (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR ANALISA RANGKAIAN ARUS BOLAK BALIK SISWA KELAS X SEMESTER II TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstark Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Daftar Gambar Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Kata Pengantar Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Daftar Pustaka Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Daftar Tabel Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
BAB I Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
BAB V Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
BAB I Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
Daftar Pustaka Irwan S.P Sihombing NIM. 509131017.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa kelas X semester II teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 2 Medan T.P 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 178 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X TITL5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X TITL1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 30 soal.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28.5 dengan standar deviasi 7.69, dan nilai rata-rata kelas kontrol 28.36 dengan standar deviasi 9.08. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0.1441 dan Ltabel = 0.1476, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.1242, dan Ltabel = 0.1476, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,44 dan Ftabel = 1,736 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 82.58 dengan standar deviasi 2.95 dan kelas kontrol 76.19 dengan standar deviasi 4.34. Hasil uji t diperoleh thitung = 9.26 dan ttabel = 1.666 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian ada perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa kelas X semester II Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 020 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Ekspositori, Pengukuran Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 02:47 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22621 |