PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA DIKLAT MENGINSTALASI PERANGKAT JARINGAN LOKAL LAN SMK HARAPAN BANGSA KUALA

maulana, Rahmad (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA DIKLAT MENGINSTALASI PERANGKAT JARINGAN LOKAL LAN SMK HARAPAN BANGSA KUALA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 6. NIM. 509131029 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 509131029 TABLES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 1. NIM. 509131029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 509131029 COVER.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 509131029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 509131029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 509131029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 509131029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 509131029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 509131029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 509131029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 509131029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 509131029 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 509131029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 509131029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 509131029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 509131029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 509131029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 509131029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 509131029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 509131029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 509131029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang mendapat nilai masih dibawah rata-rata nilai kelulusan,
sehingga mereka diwajibkan mengikuti remedial. Berdasarkan hal tersebut
didapati bahwasanya dalam sistem pembelajaran di sekolah tersebut memang
jarang memanfaatkan media pembelajaran. Media pembelajaran termasuk hal
yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang baik
sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah
pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Tujuan dari
penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran
berbasis multimedia interaktif pada mata diklat menginstalasi jaringan lan,
bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran dan menentukan kelayakan
media pembelajaran.
Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and
Development (R & D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah
model ASSURE, yaitu Analisis Pelajar (Analyze Learners), Menyatakan Tujuan
(States Objectivies), Pemilihan Metode, Media, dan Bahan (Select Methods,
Media, And Material), Penggunaan Media dan Bahan (Utilize Media and
Materials), Partisipasi Pelajar di dalam kelas (Require Learner Participation), dan
Penilaian dan Revisi (Evaluate and Revise).
Hasil validasi media oleh ahli media menunjukkan bahwa media
pembelajaran yang dihasilkan dinilai para ahli secara menyeluruh sebesar 85%
dalam kategori sangat baik. Dan untuk respon siswa sendiri menunjukkan nilai
90,15% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba maka media
pembelajaran sangat layak digunakan dalam pembelajaran menginstalasi
perangkat jaringan lokal lan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 ELK 019
Keywords: Media Pembelajaran, Model ASSURE, Multimedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:34
Last Modified: 16 Jan 2017 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22619

Actions (login required)

View Item
View Item