Dame S., Syarivan (2015) Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Modul dan Tanpa Menggunakan Modul Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X SMK-TI YAPIM Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103321037 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 5103321037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 5103321037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 5103321037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 5103321037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 5103321037 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM. 5103321037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 5103321037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
12. NIM. 5103321037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13. NIM. 5103321037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan modul dan tanpa menggunakan modul pada mata pelajaran gambar teknik kelas X SMK-TI YAPIM Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan kelas X TKR SMK-TI YAPIM Medan yang berjumlah 132 orang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X TKR 3 yang merupakan kelompok eksperimen dan kelas X TKR 2 yang merupakan kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa. Instrumen penelitian diuji dengan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan modul dan tanpa menggunakan modul pada mata pelajaran gambar teknik kelas x SMK-TI YAPIM Medan. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menggunakan modul lebih efektif dibandingkan dengan sistem pembelajaran tanpa modul Hal ini dibuktikan dari uji t dan diperoleh bahwa thitung sebesar 6,00. Dengan dk = (33+29-2) = 60 pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh bahwa ttabel = 2,0, dengan demikian thitung > ttabel atau 4,93 > 2,0.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 047 |
Keywords: | Hasil belajar; Modul; Gambar teknik; Ranah kognitif; Ranah afektif; Ranah psikomotorik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 09:26 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22618 |