Sihotang, Wilson Fransiskus (2015) HUBUNGAN MINAT MASUK SMK DAN KECERDASAN EMOSIONAL (SOFT SKILL) DENGAN HASIL BELAJAR MESIN KONVERSI ENERGI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA YAPIM SEI GLUGUR-1. Undergraduate thesis, UNIMED.
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
1. COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara minat masuk SMK dan kecerdasan emosional (soft skill) dengan hasil belajar mesin konversi energi pada siswa kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Swasta YAPIM Sei Glugur-1. Metode Penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Swasta YAPIM Sei Glugur-1 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X TO1 dan X TO2 yang berjumlah 59 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian ditentukan dengan tabel Krejci dan Morgan yang mana sampel yang di ambil adalah berjumlah 50 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk minat masuk SMK dan kecerdasan emosional sedangkan untuk hasil belajar mesin konversi energi menggunakan dokumentasi. Jumlah instrument minat masuk SMK dan kecerdasan emosional (soft skill) sebanyak 30 pernyataan. Pada angket minat masuk SMK terdapat 25 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,917 tergolong sangat tinggi, sedangkan pada kecerdasan emosional terdapat 27 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,939 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk SMK dengan hasil belajar mesin konversi energi (r = 0,334) dan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mesin konversi energi (r = 0,354) serta ditemukan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk SMK dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mesin konversi energi (r = 0,447). Koefisien determinasi antara variabel minat masuk SMK dengan hasil belajar mesin konversi energi sebesar 11,15%, dan koefisien determinasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mesin konversi energi sebesar 12,53% serta koefisiean determinasi antara minat masuk SMK dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mesin konversi energi sebesar 19.98% . Ringkasan hasil analisi regresi tersebut sebagai berikut : Fh = 5,895 harga Ft = 3,195 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (5,895 > 3,195). Bahwa persamaan regresi Y = 48,589 + 0,190X1 + 0,213X2 dapat dipertanggung jawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan antara minat masuk SMK dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mesin konversi energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 037 |
Keywords: | Minat masuk SMK; Kecerdasan emosional; Hasil belajar mesin konversi energi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 08:35 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22614 |