Siregar,, Laurensus (2015) PENERAPAN MEDIA BELAJAR ISPRING, POWER POINT DAN ADOBE FLASH (IPPA) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 508131037 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2 508131037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
3 508131037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4 508131037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5 508131037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6 508131037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8 508131037 BAB I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
7 508131037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
12 508131037 BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
13 508131037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penetlitian ini adalah rendahnya hasil belajar teori Memasang
Instalasi Tenaga Listrik Sederhana dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teori MITLBS pada kelas X di SMK Swasta
PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015 dengan menerapkan media belajar ispring,
power point dan adobe flash (IPPA
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di
SMK Swata PAB 6 Medan Estate. Penelitian terdiri dari 2 Siklus. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah test untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajran
berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Dari analisis data yang diperoleh hasil belajar siswa pada test Siklus I mengalami
peningkatan sebesar 33% dari Pretest dengan nilai rata – rata pretest 57,5 ( 3 siswa tuntas)
dengan persentase 17% dan pada Siklus I nilai rata – rata 63,3 (8 siswa tuntas) dengan
persentase 44%. Dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan hasil yang diperoleh
adalah nilai rata – rata 71,3 (14 siswa tuntas) dengan persentase 78%. Terjadi peningkatan
ketuntasan sebesar 33% (dari 44% menjadi 78%).
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan
media belajar ispring, power point dan adobe flash (IPPA) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada teori memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana di kelas X SMK
Swasta PAB 6 Medan Estate Tahun Ajaran 2014 – 2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2015 ELK 018 |
Keywords: | Ispring, Power Point, Adobe Flash, Instalasi, Siklus, Reduksi Data |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 08:18 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22610 |