Panjaitan, Friday S A (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Instalasi Penerangan Listrik antara pengguanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Siatas Barita.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Siatas Barita tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Siatas Barita yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 58 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara random atau acak, dimana pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diterapkan pada kelas XI TITL1 yang berjumlah 30 orang sedangkan pembelajaran konvensional pada kelas XI TITL2, yang berjumlah 28 orang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Pada pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diperoleh Lhitung= 0, 084 dan Ltabel = 0, 161 maka diperoleh Lhitung < Ltabel pada kategori normal, dan pada pembelajaran konvensional Lhitung = 0,111 dan Ltabel = 0,161 maka diperoleh Lhitung < Ltabel pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan konvensional digunakan uji kesamaan varians pada taraf kepercayaan (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1, 091 dan Ftabel = 1, 875, maka Fhitung < Ftabel dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan α =0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = 5, 230 dan ttabel = 1, 675 sehingga thitung > ttabel dan diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Instalasi Penerangan Listrik antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ELK 017 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Instalasi Penerangan, Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 07:58 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22609 |