Siregar, Yani Fauziah (2015) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL MENGGAMBAR DESAIN BUSANA KERJA PADA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5101143014 Cover.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2. NIM 5101143014 Surat.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. NIM.5101143014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (1MB)
4. NIM 5101143014 Kata Pengantar pdf.pdf - Published Version
Download (1MB)
5. NIM 5101143014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (1MB)
6. NIM 5101143014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM 5101143014 Daftar Gmbar.pdf - Published Version
Download (1MB)
8. NIM 5101143014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
9. NIM 5101143014 Bab 1.pdf - Published Version
Download (2MB)
15. 5103141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. 5103141021 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hasil belajar menggambar
desain busana kerja siswa dengan menggunakan metode konvensional 2) hasil
belajar menggambar desain busana kerja siswa dengan mengunakan metode
pemberian tugas 3) pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar
menggambar desain busana kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI SMK Negeri 8 Medan. Jumlah sampel 70 siswa dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sample. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
quasi eksperimen yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada
tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek. Hasil menggambar
desain busana kerja dijaring dengan menggunakan lembar observasi.
Hasil belajar menggambar desain busana kerja dengan menggunakan
metode konvensional tergolong dalam kategori rendah atau Mhitung < Mideal yaitu
73 < 74,5. Hasil belajar menggambar desain busana kerja siswa menggunakan
metode pemberian tugas tergolong dalam kategori tinggi atau Mhitung > Mideal yaitu
82 > 81,5. Untuk menguji normalitas digunakan uji chi kuadrat dengan hasil
perhitungan hitung < tabel atau -9,6 < 11,070 pada hasil belajar menggambar
desain busana kerja siswa menggunakan metode konvensional, hitung < tabel atau
-25,24 < 7,815 pada hasil belajar menggambar desain busana kerja siswa
menggunakan metode pemberian tugas, dengan demikian kedua variabel
berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas dilakukan dengan uji Bartlett
maka diperoleh x2
hitung < x2
tabel ( 3,174 < 3,841). Dengan demikian dinyatakan
bahwa kedua sampel mempunyai varians yang sama (homogen).
Dalam penelitian ini di gunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil
perhitungan terlihat bahwa thitung antara X1 dan X2 sebesar 5,88 sedangkan ttabel
pada taraf signifikan 5% sebesar 1,697, terlihat thitung > ttabel yaitu (5,88 > 1,697).
Dengan demikian dinyatakan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan
hasil belajar menggambar desain busana kerja siswa kelas XI Busana SMK Negeri
8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 PKK 002 |
Keywords: | Pemberian Tugas, Hasil Belajar, Busana Kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 03:40 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22601 |