Simanjuntak, Jhonristovel (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SIPISPIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. DAFTAR Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini diajukan karena rendahnya hasil belajar pada kompetensi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur dimana dari 35 siswa yang dinyatakan tuntas (KKM ≥ 70) 10 siswa atau sekitar 29% dan 20 siswa lagi dinyatakan tidak tuntas atau sekitar 71%. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetisi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKR SMK Negeri 1 Sipispis, yang mana terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Tindakan Peneletian Kelas (PTK), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD), yang mana dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata siswa 49,65 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal 29%. Pada siklus I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) diperoleh nilai rata-rata siswa 70,05 dengan persentase ketuntasan klasikal 43% dan persentase aktifitas belajar siswa 62%. Meski sudah mengalami peningkatan namun kelas belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal (siswa yang tuntas ≥ 80%) oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus II dengan mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 74,48 dengan persentase ketuntasan klasikal 71% dan persentase aktifitas belajar siswa 75%. Pada siklus II kelas masih belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal siswa yang tuntas ≥ 80%) oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus III dengan mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus II. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa 78,62 dengan persentase ketuntasan klasikal 86% dan persentase aktifitas belajar siswa 87%. Pada siklus III. %. Pada siklus III kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal Dengan itu dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Sipispis pada kompetisi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 054 |
Keywords: | Model pembelajaran; Aktivitas belajar; Strategi pembelajaran; Pekerjaan dasar teknik otomotif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 03:09 |
Last Modified: | 13 Jan 2017 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22596 |