Berutu, Wahyu Hartanta (2015) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PROSES DASAR TEKNIK MESIN SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara Motivasi Belajar dan Kondisi Ekonomi Siswa terhadap Hasil Belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Metode Penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 4 Kelas yaitu kelas X MP 1 berjumlah 35 orang, X MP 2 berjumlah 35 orang, X MP 3 berjumlah 35 orang dan X MP 4 berjumlah 35 orang. Dalam hal ini, pengambilan sample dilakukan secara acak sebanyak 60 siswa dmana dari tiap kelasnya diambil 15 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk Motivasi Belajar dan Kondisi Ekonomi Keluarga sedangkan untuk hasil belajar PDTM menggunakan dokumentasi. Jumlah instrument Motivasi Belajar dan Kondisi Ekonomi Keluarga sebanyak 35 pernyataan. pada angket Motivasi Belajar terdapat 30 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,796 tergolong tinggi. Sedangkan pada Kondisi Ekonomi Siswa terdapat 30 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,837 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar (r = 0,340) dan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Kondisi Ekonomi Keluarga dengan Hasil Belajar (r = 0,278). Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien determinasi antara Motivasi Belajar dan Kondisi Ekonomi Siswa dengan Hasil Belajar sebesar R2y.1.2 = 0.342. Ringkasan hasil analisi regresi tersebut sebagai berikut : Fh = 3.78 harga Ft = 3,16 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (3,78 > 3,16). Bahwa persamaan regresi Y = 41.007 + 0.284 X1 + 0.00401 X2 dapat dipertanggung jawabkan untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan antara Motivasi Belajar dan Kondisi Ekonomi Siswa dengan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MSN 050 |
Keywords: | Motivasi belajar; Kondisi ekonomi keluarga; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 08:57 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 08:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22593 |