Sitorus, Cunghai (2015) ANALYSE CONTRASTIVE DU SLOGAN PUBLICITAIRE FRANÇAIS ET INDONESIEN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2103131002 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM 2103331002 Approval.pdf - Published Version
Download (855kB) | Preview
3. NIM 2103131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4. NIM 2103131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 2103131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 2103131002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. NIM 2103131002 LISTE DE ANNEXE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. NIM 2103131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (775kB) | Preview
12. NIM 2103131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
13. NIM 2103131002 BIBLIOGRAPHIE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kalimat, persamaan serta perbedaannya yang digunakan dalam pembentukan kalimat slogan iklan minuman : la boisson sucrée, le thé et le café, le jus de fruit, dan l’eau mineral bahasa prancis dan bahasa indonesia pada media tulis internet. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 20 buah slogan iklan minuman bahasa prancis dan 20 buah slogan iklan minuman bahasa indonesia dari internet dengan menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menganalisi data yang telah dikumpulkan dari internet, penulis terlebih dahulu membaca seluruh slogan, menentukan jenis kalimat slogan, menemukan persamaan dan perbedaannya dan yang terakhir menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Jenis kalimat yang digunakan dalam slogan iklan bahasa prancis dan indonesia sama yaitu hanya menggunakan jenis kalimat deklaratif dan kalimat imperative. 2. Persamaan kedua slogan adalah: Slogan iklan minuman hanya mengandung dua jenis kalimat (kalimat deklaratif dan imperative), ditemukan jenis kalimat deklaratif dalam bentuk negative, kedua slogan didahului oleh verba, sebagian slogan iklan minuman kedua bahasa tidak menggunakan tanda baca apapun diakhir kalimat, hampir seluruh kalimat deklaratif slogan iklan minuman didahului oleh subjek, makna slogan tersirat, dan kalimat deklaratif dan kalimat imperative kedua slogan memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan informasi, mendeklarasikan pendapat atau pemikiran (kalimat deklaratif), memberikan nasehat dan meminta seseorang untuk melakukan sesuatu (kalimat imperative). 3. Perbedaan antara slogan bahasa prancis dan indonesia adalah : Iklan minuman bahasa prancis selalu mengalami penkonjugasian, menggunakan artikel prancis, subjek tersirat dalam verba imperatif, pesan slogan tertuju ke subjek tertentu, menggunakan jenis kelamin (maskulin dan feminine) dan penomoran (singiluer dan plural). Sedangkan slogan iklan minuman indonesia bahasa local di indonesia, menggunakan bahasa gaul, menggunakan bahasa tidak baku (non standart), melakukan peminjaman bahasa, verba diikuti oleh suffix “kan”, dan kata benda diikuti pronominal persona “nya” .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FRA 011 |
Keywords: | Analisis kontrastive; Slogan; Iklan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 03:35 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22577 |