Manalu, Rina Santi (2015) HUBUNGAN PENGETAHUAN MENDISAIN RAGAM HIAS DENGAN KEMAMPUAN MENGHIAS TAS PADA SISWA SMK NEGERI I BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 508342029 COVER.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
2. NIM. 508342029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. NIM. 508342029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4. NIM. 508342029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 508342029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 508342029 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 508342029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 508342029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM. 508342029 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM. 508342029 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
14. NIM. 508342029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kecenderungan
Pengetahuan Mendesain Ragam Hias (2) untuk mengetahui kecenderungan
Kemampuan Menghias Tas (3) untuk mengetahui Hubungan yang signifikan
antara Pengetahuan Mendesain Ragam Hias Dengan Kemampuan Menghias Tas
Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian ini
adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi berjumlah 34 orang. Pengambilan
sampel penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu mengambil
sampel dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu sebanyak 34 orang.
Data penelitian ini dijaring melalui tes objektif untuk variabel
Pengetahuan Mendesain Ragam Hias. Validitas (kesahihan) test Pengetahuan
Mendesain Ragam Hias diuji dengan rumus korelasi point biserial dengan tingkat
penerimaan pada taraf signifikansi 5%, sehingga diketahui dari 50 soal tes objektif
yang disusun, ada 40 soal dinyatakan valid dan 10 soal tidak valid. Reliabilitas
(keterandalan) test Pengetahuan Mendesain Ragam Hias diuji dengan rumus
kudder-Richarson (KR-20), dari hasil perhitungan diperoleh koefisien reliabilitas
test sebesar 0,936. Sedangkan untuk data Kemampuan Menghias Tas data dijaring
melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan
menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf
signifikansi 5% dan dk = 4 : 165, diperoleh Ftabel = 2,422, sehingga diketahui Fo <
Ft (1,694 < 2,422). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada
perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer
(pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Kemampuan
Menghias Tas dapat digunakan untuk menjaring data penelitian.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Mendesain
Ragam Hias berada dalam kategori cukup, sedangkan Kemampuan Menghias Tas
pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Berastagi berada dalam kategori tinggi.
Berdasarkan uji persyaratan analisis, sebaran data Pengetahuan Mendesain Ragam
Hias dan Kemampuan Menghias Tas berdistribusi normal.
Persamaan regresi linier Yˆ = 22,000 + 0,095. X mempunyai hubungan yang
linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis
dengan menggunakan korelasi Product moment diketahui terdapat hubungan linier
positif dan berarti antara Pengetahuan Mendesain Ragam Hias dengan
Kemampuan Menghias Tas Pada Siswa Kelas XI Kria Tekstil SMK Negeri 1
Berastagi, rxy sebesar 0,416, dimana rhitung > rtabel (0,416 > 0,339). Dengan
demikian Pengetahuan Mendesain Ragam Hias yang tinggi akan memberikan
hubungan yang signifikan pada Kemampuan Menghias Tas oleh Siswa Kelas XI
Kria Tekstil SMK Negeri 1 Berastagi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BUSANA 007 |
Keywords: | mendisain Ragam Hias, Warna, Macam Tusuk |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Jan 2017 02:29 |
Last Modified: | 11 Jan 2017 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22543 |