Darmawati, Eka (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LATIHAN (DRILL) TERHADAP HASIL BELAJAR KERAJINAN SISWA DI SMP NEGERI 2 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9 BAB I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
13 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang
menggunakan metode latihan (drill) membuat tali pinggang dengan teknik
macrame pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Untuk mengetahui
hasil belajar siswa secara berkelompok membuat tali pinggang dengan teknik
macrame pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Untuk mengetahui
pengaruh hasil belajar siswa membuat tali pinggang dengan teknik macrame pada
siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam dengan menggunakan metode
latihan (drill) dan belajar kelompok..
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
semu (Quasi Eksperimen) dengan perlakuan kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IIV sebanyak 9 kelas
dengan jumlah 288 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive
Sample, sehingga sampel penelitian sebanyak 32 siswa di kelas eksperimen dan
32 siswa dikelas kontrol. Instrumen penelitian hasil belajar di jaring melalui
lembar pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kategorial variabel hasil
belajar Kerajinan pada siswa kelas IIV SMP Negeri 2 Lubuk Pakam untuk kelas
Eksperimen tergolong kategori tinggi dimana jumlah siswa pada kategori tinggi
yaitu 53,125%. Tingkat kategori hasil belajar Kerajinan untuk kelas Kontrol
tergolong kurang yaitu 78,125%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus
chi-kuadrat pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil belajar Kerajinan kelas
Eksperimen berdistribusi nomal, karena Xhitung < Xtabel (-64,53 < 11,070) dan kelas
Kontrol berdistribusi normal, karena Xhitung< Xtabel(-51,52 < 11,070). Sedangkan
uji homogenitas Fhitung (1,62) < Ftabel (1,82). sehingga kedua kelas penelitian
memiliki varians yang sama (homogen). Hasil uji hipotesis yang menggunakan
uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 7,19 sedangkan nilai tabel pada taraf signifikansi
5% dengan n 62= sebesar 1,67. Dengan demikian thitung > ttabel (7,19>1,67). Oleh
karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Metode
Pembelajaran Latihan (Drill) Terhadap Hasil Belajar Kerajinan Siswa Di SMP
Negeri 2 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BUSANA 005 |
Keywords: | Hasil Belajar, Teknik Macrame, Kerajinan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697 Home arts. Homecrafts |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 09:24 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22541 |