Amri, Khairani (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BUSANA WANITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT LEBAR GANTUNG DAN MEDIA PAPAN TULIS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509143018 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 509143018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. NIM. 509143018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 509143018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 509143018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM. 509143018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM. 509143018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM. 509143018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM. 509143018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
13. NIM. 509143018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 509143018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar membuat
pola blus mata pelajaran membuat pola busana wanita pada siswa kelas XI yang
menggunakan media alat lebar gantung dan media papan tulis SMK Negeri 1 Kisaran.
Populasi pada penilitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Tata Busana di
SMK Negeri 1 Kisaran. Metode dalam penelitian ini adalah komparatif. Sampel
penelitian diperoleh dengan teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh
kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel penelitian ini adalah kelas XI-1 untuk
media alat lebar gantung yang berjumlah 30 orang dan kelas XI-2 untuk media papan
tulis yang berjumlah 30 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 60 orang
yang sama-sama memperoleh pelajaran membuat pola blus.
Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf kepercayaan
(α) sebesar 0,05. Pada kelas yang menggunakan media alat lebar gantung diperoleh
Lhitung = 0,109 dan Ltabel= 0,161, dengan demikian Lo ≤ Ltabel artinya data berdistribusi
normal, pada pembelajaran siswa dengan media papan tulis diperoleh Lhitung = 0,014
dan Ltabel= 0,161, dengan demikian Lo ≤ Ltabel artinya data berdistribusi normal.
Untuk menguji homogenitas dilakukan dengan kesamaan dua varians maka diperoleh
Fhitung =1,75 dibandingkan dengan Ftabel = 1,89 berarti Fhitung<Ftabel (1,75 < 1,89)
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa varians data adalah homogen. Pengujian
hipotesis dengan uji t-test diperoleh harga thitung lebih besar dari harga ttabel
(8,07>1,679). dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya Hasil
membuat pola blus yang diajar dengan media alat lebar gantung lebih tinggi dari hasil
membuat pola blus dengan media papan tulis pada siswa kelas XI SMK Negeri 1
Kisaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BUSANA 004 |
Keywords: | Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Papan Tulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 08:59 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22539 |