Ketaren, Nia Lorensia (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT POLA BUSANA WANITA SISWA JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 1 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 509343027 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 509343027 PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
3.509343027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. 509343027 KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. 509343027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
6. 509343027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. 509343027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. 509343027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. 509343027 BAB I.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
13. 509343027 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. 509343027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam
pembuatan pola blus wanita, untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan
model pembelajaran direct intruction dengan media hand out terhadap pembuatan
pola blus wanita, dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh model
pembelajaran direct intruction dengan menggunakan media hand out terhadap
hasil belajar membuat pola blus wanita. Penelitian ini dilaksanakan pada
Desember 2014 di SMK Negeri 1 Kisaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
semu (QuasiEksperimen). Jumlah sampel 30 siswa dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampel.Untuk mengetahui lembar validitas
pengamata nmaka dilakukan uji kesepakatan pengamat.
Hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh skor tertinggi 96,6 dan skor
terendah 68,3 dengan rata-rata (M) 87,2 dan standar deviasi (SD) 5,93. Hasil
penelitian di kelas Kontrol diperoleh sko rtertinggi 90,4 dan skor terendah 60,4,
dengan rata-rata (M) 73,13 danstandardeviasi (SD) 8,29. Hasil penelitian ini juga
menunjukkan bahwa untuk uji normalitas data menggunaka nrumus chi-kuadrat
pada taraf signifikan dengan dk=5, diperoleh hasil belajar membuat pola busana
wanita kelas eksperimen berdistribusi normal, karena (-3,13 <
11,070) dan kelas Kontrol berdistribusi normal, karena (-112,59 <
11,070). Sedangkan uji homogenitas, diperioleh
sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen)
Tingkat kategori di dapat bahwa hasil belajar membuat pola blus wanita
pada kelas eksperimen berada pada kategori baik dan kelas control memiliki
tingkat kategori cukup.
Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai sebesar
5,18 sedangkan nilai pada taraf signifikan 5% dengan n=30 sebesar 1,679.
Dengan demikian > (5,18> 1,679). Oleh karena itu dapat disimpulkan
bahwater terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Direct Intructional dengan
Menggunakan Media Handout Terhadap hasil Belajar Membuat Pola Busana
Wanita Jurusan Tata Busana SMK Negeri 1 Kisaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BUSANA 019 |
Keywords: | Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pola Busana Wanita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 07:36 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22530 |