Astuty, Effy (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA (PATTERN MAKING) PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN T.A 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 508342010 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 508342010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
3. NIM. 508342010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
5. NIM. 508342010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 508342010 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 508342010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM. 508342010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 508342010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
13. NIM. 508342010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 508342010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam
membuat pola gaun pesta pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan
(2) untuk mengetahui hasil belajar membuat pola gaun pesta dengan
menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas XI Tata Busana SMK
Negeri 8 Medan, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD
terhadap hasil belajar membuat pola gaun pesta pada siswa kelas XI Tata Busana
SMK Negeri 8 Medan.
Desain penelitian ini menggunakan Control Grup Post test – only design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 138
orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling
dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI TB2 sebagai kelas control dan kelas XI
TB3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
lembar isian pengamatan yang dilakukan oleh lima orang pengamat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar
siswa dalam membuat pola pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan
model pembelajaran STAD termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan tingkat
kecenderungan hasil belajar siswa dalam membuat pola pada kelas kontrol yang
diajar menggunakan model pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori
cukup. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar membuat pola
gaun pesta pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 8 Medan. Hal ini
dibuktikan dengan uji hipotesis dengan dk = 67 pada taraf signifikas 0,05 adalah
hitung t > tabel t (11,655 > 1,996) dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 BUSANA 013 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pola Gaun Pesta |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 07:04 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22526 |