Sembiring, Nurhasanah Permata Sari (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCINDET (PERISTIWA KRITIS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEK CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2103111047. COVER.pdf - Published Version
Download (53kB)
2. NIM. 2103111047. LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 2103111047. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
4. NIM. 2103111047. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
5. NIM. 2103111047. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (0B)
6. NIM. 2103111047. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (0B)
7. NIM. 2103111047. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 2103111047. BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
12.NIM. 2103111047.BAB V.pdf - Published Version
Download (0B)
13.NIM. 2103111047.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran critical incident (peristiwa kritis) terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 214 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA-3 yang berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan strategi pembelajaran critical incident di kelas eksperimen masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 66,58, standar deviasi = 6,18 sedangkan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan strategi critical incident masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 78,58, standar deviasi = 6,74. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7,84. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=36-1=35 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,03, karena to yang diperoleh lebih besar dari table yaitu 7,84 > 2,03, maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan strategi pembelajaran critical incident (peristiwa kritis) terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 013 |
Keywords: | Strategi pembelajaran critical incident; Teks cerita pendek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 04:05 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22486 |