Hutabalian, Cosri Franata (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN BOGA DASAR SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran demonstration pada mata pelajaran Boga Dasar di SMK Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2014/2015. Penulis mengambil lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah kelas x jasa boga yang berjumlah 30 siswa. Sampel penilitian ini adalah 30 orang siswa.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan hanya satu kali pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi.teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Test yang dilakukan berupa soal pilihan berganda dengan 30 butir soal. Soal yang diberikan 2 kali yaitu test awal dan siklus I.sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada saat test awal mencapai 55,36 dengan perincian dari 30 orang siswa diperoleh 7 orang siswa ( 23,33% ) mendapat nilai tuntas, sedangkan 23 orang siswa ( 76,67% ) yang belum mendapatkan nilai tuntas. Pada siklus I naik menjadi 27 orang siswa ( 90% ) yang mendapat nilai tuntas, sedangkan 3 orang siswa (10% ) yang belum mendapat nilai tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Demonstration dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar di kelas X Jasa Boga SMK Negeri 3 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BOGA 008 |
Keywords: | Model pembelajaran, Hasil Belajar, Teknik Memaksak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 08:20 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22477 |