Septy, Ester (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENGOLAHAN MAKANAN UNTUK KESEMPATAN KHUSUS PADA SISWA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509142011 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 509142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 509142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 509142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 509142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM. 509142011 TABLES.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7. NIM. 509142011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
8. NIM. 509142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
12. NIM. 509142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM. 509142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang
diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Jigsaw pada materi
Pengolahan Makanan Untuk Kesempatan Khusus (2) untuk mengetahui hasil
belajar siswa yang tidak diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran
Jigsaw pada materi Pengolahan Makanan Untuk Kesempatan Khusus (3)
menganalisis Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar
Melakukan Pengolahan Makanan Untuk Kesempatan Khusus Pada Siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen. Penelitian
ini dilakukan pada siswa kelas XII Tata Boga SMK Negeri 3 Tebing Tinggi tahun
ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Tata Boga
1 dan kelas Tata Boga 2 yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel
digunakan secara total sampling dimana kelas Tata Boga 1 berjumlah 21 siswa,
yang diajar tidak menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas Tata Boga
2 berjumlah 24 siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw. Teknik
pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskripsi data penelitian, mencari tingkat kecenderungan hasil
belajar, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan
sebanyak 2 kali pertemuan.
Berdasarkan hasil penelitian Hasil belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw termasuk kategori tinggi
sebesar 37,50% dengan rataan 71,65 dan Sd 4,39. Hasil belajar siswa yang tidak
diajar dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw termasuk kategori cukup
sebesar 47,37% dengan rataan 49,84 dan Sd 4,83. Secara statistik dengan
menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel yaitu
(11,91 > 2,023) disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif
Jigsaw terhadap hasil belajar pengolahan makanan untuk kesempatan khusus pada
siswa kelas XII Tata Boga SMK Negeri 3 Tebing Tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BOGA 002 |
Keywords: | Pengolahan Makanan, Kesempatan Khusus; Model pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 04:22 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22469 |