Samosir, Surya N.B.H (2015) PENGARUH MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA N 1 LUMBAN JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Nim. 2103111070 Cover.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. Nim 2103111070 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
3. Nim. 2103111070 Abstrak.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. Nim 2103111070 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. Nim. 2103111070 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. Nim. 2103111070 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. Nim. 2103111070 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. Nim. 2103111070 BAB 1.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
12. Nim. 2103111070 BAB 5.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
13. Nim. 2103111070 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lingkungan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 123 orang kelas X Survey SMA N 1 Lumban Julu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dengan proses simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh rata-rata pretest = 66,53, standar deviasi = 13,29, dan termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 10%, kategori baik sebanyak 30%, kategori cukup sebanyak 43,33%, kategori kurang sebanyak 13,33% dan sangat kurang 3,33%. Nilai rata-rata posttest = 78,9, standar deviasi = 9,77, dan termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 26,67%, kategori baik sebanyak 60%, dan kategori cukup sebanyak 13,33%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan posttest berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, didapat dari hasil hitung to sebesar 4. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dan 1% dengan dk = N-1, maka 30-1 = 29. Dari df = 30 diperoleh taraf signifikansi 5% sebesar 2,04 dan 1% sebesar 2,79. Diperoleh to> ttabel yakni 2,06 < 4 > 2,79. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media lingkungan yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA N 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 007 |
Keywords: | Media lingkungan; Menulis teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 04:30 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22454 |