Surbakti, Roma Shintauli (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
BAB 1.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
bab 5.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) terhadap kemampuan menyunting teks prosedur kompleks. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 245 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 36 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dari pengolahan data hasil Pre-Test dalam menyunting teks prosedur kompleks (sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek) menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 64,8. Sedangkan hasil Post-Test dalam menyunting teks prosedur (sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek) memperoleh nilai rata-rata siswa adalah 76,9. Dilihat dari data Pre-Test dan Post-Test yang diperoleh siswa merupakan data yang berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil Pre-Test, yaitu Lhitung < Ltabel (0,11 < 0,1456) dan uji normalitas hasil Post-Test , yaitu Lhitung < Ltabel (0,10 < 0,1456). Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen, yaitu Fhitung < Ftabel yakni 1,06 < 1,78. Dan dari pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel (6,33 > 2,03) telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian model pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyunting teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 002 |
Keywords: | Model pembelajaran berbasis proyek; Kemampuan menyunting; Teks prosedur kompleks |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 03:37 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22424 |