PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Surbakti, Roma Shintauli (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of bab 5.pdf]
Preview
Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) terhadap kemampuan menyunting teks prosedur kompleks. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 245 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 36 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dari pengolahan data hasil Pre-Test dalam menyunting teks prosedur kompleks (sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek) menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 64,8. Sedangkan hasil Post-Test dalam menyunting teks prosedur (sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek) memperoleh nilai rata-rata siswa adalah 76,9. Dilihat dari data Pre-Test dan Post-Test yang diperoleh siswa merupakan data yang berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil Pre-Test, yaitu Lhitung < Ltabel (0,11 < 0,1456) dan uji normalitas hasil Post-Test , yaitu Lhitung < Ltabel (0,10 < 0,1456). Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen, yaitu Fhitung < Ftabel yakni 1,06 < 1,78. Dan dari pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel (6,33 > 2,03) telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian model pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyunting teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 002
Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek; Kemampuan menyunting; Teks prosedur kompleks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:37
Last Modified: 29 Dec 2016 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22424

Actions (login required)

View Item
View Item