PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Surbakti, Wahyu Dinda Persadani Br. (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 2101111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 2101111021 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 3. 2101111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
3. 2101111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (564kB) | Preview
[thumbnail of 4. 2101111021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 2101111021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 5. 2101111021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. 2101111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 6. 2101111021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. 2101111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 7. 2101111021 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 2101111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 8. 2101111021 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. 2101111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. 2101111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. 2101111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 10. 2101111021 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 2101111021 BAB I.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 14. 2101111021 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. 2101111021 BAB V.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 15. 2101111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 2101111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 34 tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 (lima) kelas yang berjumlah 182 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 36 orang. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling. Metode dalam penelitian ini bersifat quasi eksperimen (eksperimen semu), hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyusun teks eksplanasi sebelum menggunakan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 64,5, sedangkan kemampuan siswa menyusun teks eksplanasi sesudah menggunakan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 72,1. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (5,67) > ttabel (2,00) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menyusun teks eksplanasi sesudah menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan saintifik. Dan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap kemampuan menyusun teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 001
Keywords: Pendekatan saintifik; Menyusun teks eksplanasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:34
Last Modified: 29 Dec 2016 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22422

Actions (login required)

View Item
View Item