Surbakti, Wahyu Dinda Persadani Br. (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 2101111021 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
3. 2101111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
4. 2101111021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. 2101111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. 2101111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
7. 2101111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. 2101111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 2101111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
10. 2101111021 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
14. 2101111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
15. 2101111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 34 tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 (lima) kelas yang berjumlah 182 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 36 orang. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling. Metode dalam penelitian ini bersifat quasi eksperimen (eksperimen semu), hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyusun teks eksplanasi sebelum menggunakan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 64,5, sedangkan kemampuan siswa menyusun teks eksplanasi sesudah menggunakan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 72,1. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (5,67) > ttabel (2,00) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menyusun teks eksplanasi sesudah menggunakan pendekatan saintifik lebih baik dari pada hasil pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan saintifik. Dan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik berpengaruh positif terhadap kemampuan menyusun teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 001 |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Menyusun teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 03:34 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22422 |