Sitorus, Widya Minar Christine (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKALANSUSU TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM_208111091_COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM_208111091_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM_208111091_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM_208111091_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
5. NIM_208111091_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM_208111091_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. NIM_208111091_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM_208111091_BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
12. NIM_208111091_BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
13. NIM_208111091_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan menulis laporan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalansusu tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalansusu sebanyak 40 orang. Adapun pengambilan sampel dari penelitian ini adalah semua populasi dijadikan sampel karena subjek yang menjadi sasaran penelitian kurang dari 100 orang, maka sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalansusu yaitu sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test design.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk penugasan menulis laporan. Dari hasil pengolahan data yang didapat dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 64,12 dan standar deviasi adalah 9. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 75,25 dan standar deviasi adalah 8,29. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Dengan kata lain, ada perubahan hasil nilai rata-rata siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (pre-test) dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (post-test). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,70 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan dk (df)= N-1= 40-1= 39. Pada tabel t dengan dk (df)= 39 diperoleh ttabel = 2,03. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika thitung > ttabel yaitu 5, 70 > 2,03, maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menulis laporan perjalanan objek wisata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 IND 011 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Group investigation; Kemampuan menulis laporan; Laporan perjalanan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 03:14 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22410 |