Retno, Dwi (2015) UPAYA MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR SKETA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTUVISME BAGI SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. DWI RETNO NIM 2103351005 COVER.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. DWI RETNO NIM 2103351005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. DWI RETNO NIM 2103351005 ABSTRAK....pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. DWI RETNO NIM 2103351005 Kata PEngantar.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. DWI RETNO NIM 2103351005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. DWI RETNO NIM 2103351005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. DWI RETNO NIM 2103351005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. DWI RETNO NIM 2103351005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
9. DWI RETNO NIM 2103351005 BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. DWI RETNO NIM 2103351005 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. DWI RETNO NIM 2103351005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan, dengan jenis penelitian yaitu Penelitian “ Penelitian Tindakan Kelas”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 43 orang yang terdiri dari 22 laki-laki dan 21 orang perempuan, sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Konstruktuvisme.
Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada materi belajar sketsa, serta kurangnya media dalam pembelajaran yang dilaksanakan guru.
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran konstruktuvisme. Hasil penelitian menunjukkan pada saat kondisi awal sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 43 orang siswa, tidak ada siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, selanjutnya pada siklus I diperoleh 14 siswa (42,42%) yang memiliki motivasi belajar sedang dan 29 siswa (57,57%) yang memiliki motivasi belajar yang rendah, selanjutnya pada siklus II diperoleh dengan tingkat belajar siswa dari 43 orang siswa sebesar 42 siswa (96,03%) yang memiliki motivasi belajar cukup baik 1 siswa (3,03%) yang memiliki motivasi belajar yang sangat rendah. Pada siklus III diperoleh 41 siswa (3,03%) yang memiliki motivasi belajar yang baik , 2 siswa (69,97%) yang memiliki motivasi belajar yang sangat baik. Jadi dapat dikatakan pada siklus III motivasi belajar siswa meningkat pesat.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran konstuktuvisme dalam meningkatkan kemampuan belajar sketsa pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Kata
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 RUPA 004 |
Keywords: | Hasil Belajar, Sketsa, Pembelajaran Konstruktuvisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Dec 2016 07:25 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22391 |