Damayanti, Retno (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK MARISI MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
3 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8 BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12 BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Marisi Medan Tahun Pelajaran
2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas
dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran
Number Head TogetherdanProblem Solving kelas XI di SMK Marisi Medan
Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini dilaksanakan di di SMK Marisi Medanyang beralamat di Jl.
Guru Sinumba No.2, Helvetia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
Ak di SMK Marisi Medan berjumlah 34 orang siswa, dan objek dalam penelitian
ini adalah penerapan model pembelajaranNumber Head TogetherdanProblem
Solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam
pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi
aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Adapun teknik analisis data
dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Dari analisis diperoleh nilai rata- rata pre test sebelum dilakukan tindakan
adalah 63,38 dimana 10 siswa (29,41%) memenuhi KKM. Pada post test siklus I
nilai rata- rata 68,52 dimana 15 siswa (44,11%) siswa dinyatakan tuntas dan hasil
dari angket minat belajar siklus I diketahui bahwa 4 orang aktif, 17 orang cukup
aktif, 12 orang kurang aktif dan 1 orang tidak aktif. Hasil pada siklus I ini belum
memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II.
Pada post test siklus II nilai rata- rata 84,85 dimana 31 siswa (91,17%) memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil Angket menunjukkan 6 orang sangat aktif ,21
orang aktif dan 7 orang cukup aktif, dan tidak terdapat siswa yang memiliki
kriteria kurang aktif dan tidak aktif. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi
indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Analisis uji t
antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung> ttabel yaitu 10,59>
2,03. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I
dan siklus II adalah positif dan signifikan.
Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel
pembelajaranNumber Head TogetherdanProblem SolvingpadaStandar Kompetensi
Standar Kompetensi MengelolaAdministrasiKas Bankdapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa kelas XI Ak di SMK Marisi
MedanTahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 AKT 006 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 06:45 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22270 |