Delima., Hotma (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 13 PANYABUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
HOTMA DELIMA. 7112141011. COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. BAB I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
HOTMA DELIMA. 7112141011. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media internet dan
belajar mandiri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta
Muhammadiyah 13 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Muhammadiyah 13
Panyabungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang
berjumlah 61 orang dan sampel berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan
untuk mengukur penggunaan media internet berupa angket yang berjumlah 14
soal dan untuk belajar mandiri 18 soal. Validatas tes diuji dengan menggunakan
teknik korelasi product moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus
Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear
berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara
simultan digunakan uji F.
Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masingmasing
variabel 20 instrument hasilnya untuk angket penggunaan media internet
terdapat 6 item tidak valid dan untuk angket belajar mandiri terdapat 2 itemyang
tidak valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,779 > 0,361 (r11>
rtabel) untuk penggunaan media internet dan 0,844 > 0,361 (r11> rtabel) untuk belajar
mandiri. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y
= 31,816 + 0,161X1 + 0,442X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
penggunaan media internet (X1) dan belajar mandiri (X2) berpengaruh positif dan
signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai
thitung> ttabel untuk variabel penggunaan media internet yaitu 2,878> 2,042 dan untuk
variabel belajar mandiri yaitu 2,056>2,042, dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar
7,019sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,32berarti Fhitung> Ftabel
(7,019 > 3,32 ) maka hipotesis Ha diterima atau ada pengaruh positif antara
penggunaan media internet dan belajar mandiri terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas X di SMA Swasta Muhammadiyah 13 Panyabungan Tahun
Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 005 |
Keywords: | Penggunaan Media Internet, Belajar Mandiri, Prestasi Belajar Ekonomi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 02:39 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22238 |