Rinawati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK SWASTA KESATUAN MERANTI T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7102141038 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 7102141038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 7102141038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 7102141038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM. 7102141038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
6. NIM. 7102141038 TABLES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. NIM. 7102141038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
8. NIM. 7102141038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
12. NIM. 7102141038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM. 7102141038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI
SMK Swasta Kesatuan Meranti Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Kesatuan Meranti. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswaa kelas XI SMK Swasta Kesatuan Meranti.
Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 74 orang, yang terdiri dari kelas
XI-2 sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran
problem basedlearning dan kelas XI-3 sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol
tanpa menggunakan model pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan Observasi dan Tes. Teknik analisis data dengan menggunakan
Menghitung standar deviasi, uji Normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis.
Hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata
nilai postes siswa untuk kelas eksperimen 81,31 sedangkan nilai rata-rata kelas
kontrol 66,94. Setelah dilakukan penghitungan teknik lilifors uji normalitas
pretest untuk kelas eksperimen di peroleh nilai Lhitung 0,102 sedangkan Ltabel yaitu
taraf pengujian ∝= 0,05 dan n=38 adalah 0,1404. Setelah membandingkan dengan
kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa thitunng < ttabel atau 11,44<1,16.
Dari hasil dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model
problem based learningterhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK Swasta
Kesatuan Meranti T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 003 |
Keywords: | Hasil Belajar Kewirausahaan, Model Problem Based Learning |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Dec 2016 02:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22232 |