Kurniati, Lia (2015) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI IPA SMA SWASTA PANCA BUDI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4101141022 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 4101141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM 4101141022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM 4101141022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM 4101141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM 4101141022 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4101141010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
8. NIM 4101141022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
10. NIM 41041022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. NIM 4101141022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4101141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem reproduksi manusia.
Populasi penelitian ini adalah anak kelas XI IPA Unggulan yang terdiri dari 2 kelas, yaitu XI IPA-A. Yang berjumlah 50 orang siswa. Metode penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif dengan menggunakan kuesioner (angket) dan tes sebagai alat pengumpul data penelitian berupa soal untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pokok sistem reproduksi manusia.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata dari konsep diri siswa di kelas XI IPA SMA Swasta Panca Budi Medan adalah ( = 168,06 dengan standar deviasi (SD) = 15,86.Dan nilai rata-rata dari hasil postes pada materi pokok sistem reproduksi manusia adalah ( = 90,64 dengan standar deviasi (SD) = 5,09. Pada uji normalitas dengan taraf nyata α = 0,005 diperoleh Lhitung untuk konsep diri siswa adalah 0,0757 dan untuk hasil belajar siswa diperoleh Lhitung = 0,1246 dengan harga Ltabel = 0,1253. Dari data yang diperoleh untuk konsep diri dan hasil belajar siswa berdistribusi normal karena Lhitung<Ltabel. Dari perhitunganChi-Square(Uji Kuadrat) diperoleh χ2hitung(53,02), sedangkan χ2tabel = 5,991. Karena χ2hitung(53,02) > χ2tabel (5,991) maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut memiliki varians yang seragam (Homogen) Dari hasil perhitungan koefisien korelasi yang dilakukan pada taraf signifikan α = 0,05 diketahui harga r = 0,269 dan ini memenuhi -1 ≤ r ≤ 1 ; r ≠ 0 (-1 ≤ 0,269 ≤ 1 ; r ≠ 0). Dari perhitungan indeks determinasi diperoleh I = 7,2%, yang artinya faktor konsep diri memberikan konstribusi sebesar 7,2 % terhadap hasil belajar siswa. Dan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung =1,934, dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,676 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem reproduksi manusia karena hipotesis yang didapat adalah Ha diterima sekaligus menolak H0
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 002 |
Keywords: | Konsep Diri, Hasil Belajar, Metode Penelitan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 03:23 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/22212 |